cara membuat kopi ala barista

3 Cara Membuat Kopi Ala Barista yang Mudah dan Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Sekarang ini banyak sekali coffee shop laris di berbagai sudut kota yang membuat banyak orang penasaran dengan cara membuat kopi ala barista di dalamnya. Kopi memanglah menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang dari segala kalangan.

Minuman yang satu ini bisa dikonsumsi di mana saja dan kapan saja, baik itu pada pagi hari, siang hari, ataupun malam hari. Dengan mengonsumsi kopi bisa membuat mood menjadi lebih baik dan bersemangat bagi sebagian orang.

Umumnya, kopi mempunyai kandungan kafein yang dinilai bisa membuat tubuh orang yang mengkonsumsinya tetap fresh dan fit setiap harinya. Tak jarang orang mendatangi kedai kopi atau coffee shop hanya untuk menghilangkan kantuk dengan mengonsumsi kopi.

Bahkan, saat ini coffee shop sudah dijadikan tempat nongkrong untuk para remaja. Terlebih untuk kedai kopi yang mempunyai daya tarik kuat, seperti kenyamanan dan harga.

 

Membuat Kopi Ala Barista

cara membuat kopi ala barista

Jika dipikirkan lagi, dengan kita mengunjungi coffee shop setiap hari hanya untuk mengonsumsi kopi, tentunya akan membuat kita menjadi boros. Alangkah lebih baiknya kita membuat kopi ala barista sendiri di rumah.

Kamu bisa memakai grinder kopi untuk mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi. Selain itu, kamu juga bisa memakai mesin kopi untuk mengolah bubuk kopi menjadi kopi yang siap minum. Berikut ini cara membuat kopi ala barista yang bisa kamu ikuti di rumah/

1. Vietnam Drip

Hampir setiap coffee shop memakai metode yang satu ini. Minuman kopi yang asalnya dari Vietnam ini sangat populer di daerah Indonesia. Hal ini karena kemampuan dalam membuat kopi ini bisa dibilang sangat mudah dan juga memakai bahan susu kental manis yang bisa menyamarkan rasa pahit kopi.

Berikut langkah untuk membuat kopi Vietnam Drip.

  1. Sediakan 18 sampai 20 gram bubuk kopi, kemudian panaskan air memakai suhu kisaran 80 derajat celcius.
  2. Selanjutnya susu kental manis dimasukkan ke dalam cangkir transparan kisaran 2 sendok makan atau disesuaikan dengan selera.
  3. Setelah itu, metal cup diletakkan di atas cangkir dan kopi dimasukkan ke dasar wadah metal cup.
  4. Terakhir, air panas dituangkan ke dalam cangkir paling sedikit 40 sampai 45 ml.

2. Aeropress

Salah satu metode membuat kopi yang paling mudah dan hasilnya berkualitas ala barista yaitu aeropress. Tak heran apabila metode yang satu ini dinyatakan sebagai metode manual brewer yang paling populer di dunia.

Berikut cara membuat kopi al baris memakai metode aeropress.

  1. Sediakan air panas dengan suhu kisaran 80 sampai 90 derajat celcius.
  2. Selagi menunggu air, grind biji kopi sebanyak 20 gram memakai paper filter.
  3. Kemudian, balik aeropress serta bahasi paper filter memakai air panas.
  4. Kopi yang sudah digiling dimasukkan, lalu tuangkan air yang suhunya 80 derajat celcius.
  5. Aduk kisaran 30 detik. Selanjutnya tekan plunger yang ada pada mesin aeropress.
  6. Jika sudah ditekan hingga ujung, cabut, dan selesai.

3. Espresso

Untuk kamu yang pernah atau bahkan sering mengunjungi coffee shop pastinya sudah tak asing lagi dengan alat espresso. Alat untuk membuat kopi yang menjadi salah satu alat paling umum dipakai oleh para barista.

Terdapat dua jenis alat espresso yang bisa kamu temui yaitu ada alat espresso otomatis dan juga alat espresso manual. Namun, yang paling sering dipakai di coffee shop yaitu alat espresso manual.

Sedangkan, untuk kamu yang ingin mencoba di rumah, kamu bisa memilih memakai alat espresso otomatis saja. Hal ini karena alat ini bisa dibilang sangat canggih dan mahir untuk memproduksi dalam waktu cepat.

Bahkan, semua yang ada dalam alat ini pun serba otomatis, dimulai dari pengaturan suhu sampai pada penakarannya.