sabun jeruk

Alat Wajib Sebelum Membuat Sabun Orange

Dalam membuat sabun orange atau sabun dengan wangi lainnya, tentu selain bahan juga harus ada peralatan yang diperlukan dalam pembuatan sabun. Alat-alat tersebut tidak harus mahal. Alat seadanya, asalkan masih berfungsi dan aman tetap bisa digunakan.

Alasannya adalah karena pembuatan sabun tidak lepas dari bahan kimia. Jadi mulai dari penimbangan bahan hingga pembuatan harus dibuat dengan sekasam. Di bawah ini adalah beberapa perlengkapan wajib yang harus Anda miliki untuk memudahkan proses pembuatan sabun.

sabun jeruk

Safety Gear dalam Membuat Sabun Orange

Pelindung Mata

Salah satu bahan yang kerap digunakan dalam pembuatan sabun adalah larutan alkali. Padahal larutan ini sangat berbahaya jika terkena kulit, terutama mata. Maka untuk menghindari percikan larutan terkena mata, Anda wajib mengenakan kacamata bening atau juga bisa menggunakan google.

Sarung Tangan

Sedangkan untuk menghindarkan kulit tangan dari melepuh, Anda dapat menggunakan sarung tangan plastik yang tebal. Biasanya sarung tangan industri yang bisa melindungi dari daya bakar larutan alkali yang cukup keras. Terlebih sarung tangan ini bisa menutupi hingga area ujung siku.

Pakaian yang Sesuai

Pelindung mata dan sarung tangan saja belum cukup. Untuk perlindungan maksimal, maka selalu gunakan pakaian berlengan panjang serta celana panjang. Gunanya tentu juga sama yaitu melindungi area kulit yang terbuka dari percikan larutan alkali. 

 

Alat untuk Membuat Sabun Mandi

Wadah atau Panci

Panci yang disarankan untuk membuat sabun haruslah yang berbahan stainless steel. Hal ini dikarenakan stainless steel tidak menimbulkan reaksi ketika bertemu dengan larutan alkali. Seringkali reaksi antara alkali dengan bahan lain seperti aluminium dapat menimbulkan gas beracun. 

Stick Blender atau Hand Whisk

Durasi pengadukan sabun bisa berbeda, mulai dari 5 – 10 menit menggunakan stick blender atau satu jam menggunakan hand whisk. 

Spatula Karet atau Plastik

Gunakan alat ini untuk menempatkan adonan sabun dengan baik ke cetakan

Timbangan Digital

Pembuatan sabun membutuhkan bahan dengan berat yang presisi. Itulah sebabnya timbangan digital lebih disarankan daripada timbangan analog.

Cetakan

Alat terakhir tentu saja cetakan. Anda tidak perlu menggunakan alat yang mahal, wadah bekas makanan ringan pun bisa jadi cetakan sabun.

 

Jika Anda sudah memiliki alat seperti di atas dan bahan membuat sabun orange, maka tidak ada alasan untuk membuat sabun sendiri. Selain lebih hemat, membuat sabun sendiri juga sudah pasti terjamin keamanannya.