Bagaimana Cara Memulai Bisnis Sendiri?

Bisnis dimulai dari ide dan ide berasal dari peluang-peluang yang kita lihat di sekitar kita. Jadi langkah pertama dalam memulai bisnis adalah dengan menentukan dalam sektor apa kita ingin memulai bisnis. Sering kita melihat dan mendengar nasihat yang mengatakan bahwa bisnis harus dimulai dari hobi atau passion kita. Ini lebih sering merupakan nasihat yang cukup dapat diandalkan. 

Namun dalam kebanyakan kasus, awal untuk memulai bisnis tak selalu harus dimulai dari apa yang kita sukai. Bahkan terkadang mengikuti apa yang kita suka cenderung menyesatkan. Pasalnya, apa yang kita sukai sangat mungkin disukai oleh orang banyak sehingga banyak orang yang membuka bisnis jenis ini, akibatnya persaingan menjadi tidak sehat.

 

Bagaimana memulai bisnis yang benar?

Memulai bisnis seharusnya dimulai dengan melihat kebutuhan yang ada di sekitar kita. Dari sana kita akan dapat melihat kebutuhan pasar. Pasar yang bagus adalah yang diisi oleh orang yang mencari suatu produk atau jasa namun produk atau jasa tersebut tidak tersedia dengan cukup banyak.

Misalnya di suatu daerah sedikit steam kendaraan, namun permintaan steam kendaraan banyak. Maka ini adalah pasar yang sangat potensial.

Sebaiknya bangun tim saat memulai bisnis

Tim adalah aset terbesar yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Bagaimanapun kesuksesan sangat ditentukan oleh koordinasi para tim dalam perusahaan. Jika sebuah perusahaan tak memiliki tim yang cukup kompeten maka akan sangat sulit memulai sebuah bisnis.

Membangun tim tidaklah mudah karena kita tak berurusan dengan data-data atau sistem komputasi searah namun kita membentuk jalinan hubungan sosial dalam perusahaan. Ketika membentuk tim, carilah kandidat yang memiliki kualifikasi diantaranya memiliki kompetensi bidang yang sangat mumpuni, memiliki passion serta semangat dalam menjalankan pekerjaannya, dan integritas yang menunjukan bahwa orang tersebut dapat dipercaya.

 

Jangan lupakan promosi ketika memulai bisnis

Ketika memulai bisnis kita sering kali lupa mempromosikan produk. Mudah sekali bagi orang yang baru memulai bisnis mengira produknya akan segera dibeli karena produk yang dibuat luar biasa bagus. Kenyataannya sebagus apapun produk tak akan berhasil tanpa promosi yang bagus.