bisnis-kerupuk-kulit-ikan

Bisnis Kerupuk Kulit Ikan dan Resep Mudah Membuatnya

Bukan hanya daging ikan yang lezat untuk dijadikan sebagai kerupuk renyah dan lezat. Hadir inovasi yang memanfaatkan kulit ikan sebagai kerupuk yang gurih. Berikut bisnis kerupuk kulit ikan yang renyah dan gurih.

 

Bisnis Kerupuk Kulit Ikan

bisnis-kerupuk-kulit-ikan

Di Indonesia sendiri, kerupuk sudah layaknya seperti sebuah makanan yang harus ada di setiap acara makan. Sebab kerupuk yang renyah cocok dimakan bersama jenis makanan lainnya, apalagi jika dipadukan dengan makanan berkuah.

Bukan hanya sebagai pendamping makanan, kerupuk juga seringkali dijadikan sebagai cemilan di rumah. Rasa renyah dan gurih selalu cocok untuk menemani setiap obrolan bersama teman dan saudara.

Salah satu kerupuk paling populer adalah kerupuk ikan. Tekstur daging ikan yang lembut, membuat hasil kerupuk renyah dan gurih. Kerupuk ikan ini pun bisa dijadikan sebagai pendamping saat makan, juga sebagai cemilan yang beragam varian rasa yang ditambah sesuai selera.

Rasa daging ikan akan tetap terasa jelas jika dijadikan menjadi kerupuk. Akan tetapi selain bagian dagingnya, kini hadir inovasi yang memanfaatkan kulit ikan sebagai kerupuk tipis nan renyah.

Hampir semua jenis kulit ikan bisa dijadikan sebagai kerupuk. Teksturnya yang renyah dan memiliki cita rasa yang lezat membuat banyak orang memanfaatkan hal tersebut sebagai bisnis kerupuk kulit ikan.

Mungkin masih jarang ditemukan produk kerupuk kulit ikan ini, akan tetapi peluang bisnis kerupuk kulit ikan ini masih terbuka lebar. Bahkan sudah terbukti menguntungkan, sebab semua kalangan menyukainya.

 

Resep Kerupuk Kulit Ikan Patin

Pada umumnya semua jenis kulit ikan dapat dijadikan kerupuk, yakni seperti ikan patin, ikan nila, ikan kakap, ikan tuna, dan ikan tenggiri. Dan berikut resep membuat kerupuk kulit ikan patin untuk bisnis kerupuk kulit ikan kamu.

Bahan-Bahan :

  • 250 gram kulit ikan patin
  • 250 gram minyak goreng
  • 100 ml air
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt kapur sirih

Cara Membuat :

1. Bersihkan bahan menggunakan air bersih mengalir, seperti kulit ikan patin, dan bawang putih, kemudian haluskan bawang putih.

2. Selanjutnya siapkan wadah, lalu masukkan air bersama dengan kapur sirih, dan aduk rata. Jika sudah rata, masukkan semua kulit ikan lalu aduk merata. Diamkan kurang lebih 3 jam. Lalu angkat dan tiriskan kulit ikan, dan cuci lagi sampai bersih.

3. Campurkan bawang putih halus ke dalam kulit ikan tadi, tambahkan garam. Kemudian remas-remas agar semuanya merata pada kulit ikan.

4. Lalu jemur kulit ikan tadi di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering, agar mendapatkan hasil kerupuk yang renyah dan tahan lama.

5. Panaskan minyak pada wajan, lalu goreng kulit ikan yang telah kering. Goreng sampai warna kulit menjadi kekuningan, lalu angkat dan kerupuk kulit ikan siap di nikmati.

 

Mesin Peniris Minyak

Untuk mendapatkan produk kerupuk kulit ikan yang kriuk, kamu bisa menggunakan mesin peniris minyak. Mesin itu akan membantu kamu agar mendapatkan kerupuk yang garing dan terbebas dari gumpalan minyak.

Spinner minyak ini juga dapat menghasilkan kerupuk dengan tampilan lebih menarik tanpa mengandung minyak, dengan begitu produk kerupuk kulit ikan kamu akan terlihat lebih higienis dan lezat.

 

Itu dia beberapa penjelasan tentang bisnis kerupuk kulit ikan yang bisa kamu coba, bahkan kamu dapat memulai bisnis ini dengan mudah dan dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kamu dan membantu kamu yang ingin menjalankan bisnis nya. Sampai jumpa di pembahasan artikel menarik dan bermanfaat lainnya!