Cara Menghindari Diri dari Berita Hoax?

Sebelumnya apa itu yang dimaksud dengan hoax. Ada jenis hoax dilihat dari sumber penyebarannya. Terdapat dua macam yaitu hoax berupa circular reporting dan hoax kedua yaitu berupa user generated content.

Circular Reporting

Circular reporting sendiri adalah jenis hoax yang dilakukan penyebarannya dari media satu kemudian terdapat media lain yang ikut memberitakan hoax tersebut tanpa ditelisik sumber hoax berita.

Saat ditanya mengenai sumber hoax tersebut media kemudian akan menunjuk media lain mengenai kebenaran sumber berita berasal dari media lain tersebut. begitu terus berulang ulang.

User Generated Content

Bentuk selanjutnya dari hoax yaitu dihasilkan dari user generated content yang artinya yaitu dari pengguna sendiri yang menghasilkan hoax tanpa mencantumkan bukti sumber yang autentik dan dapat dipercaya.

Saat ini banyak media media digital di indonesia yang menghasilkan user generated content seperti medium, wikipedia, facebook, twitter, dan media sosial lain. Hasil generated content yang berasal dari orang tersebut untuk memposting hal yang ingin dia posting tidak perlu melalui verifikasi kebenaran yang ingin dia tuliskan di media tersebut.

Hal tersebut menyebabkan hoax yang semakin kental dan banyak orang menyetujuinya sebagai kebenaran.

Tidak hanya tentang kejadian sehari-hari. Bahkan banyak sekali hoax mengenai ujian cpns, pendaftaran, dan rekrutmen cpns yang parahnya, banyak sekali orang terkena hoax tersebut.

Fakta yang paling menakutkan dari hoax sendiri yaitu saat hoax tadi sangat terasa dekat dengan kehidupan kita bisa jadi kita langsung mempercayai hoax tersebut sebagai kebenaran. Banyak orang akan langsung mafhum mengenai hoax begitu hoax dapat terasa terhubung dengan orang tersebut.

Untuk menghindari termakan hoax karena hal tersebut bisa sangat merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Anda bisa mulai waspada dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Tips pertama yaitu waspada dengan judul clickbait salah satu contohnya seperti “menjadi kaya dalam sebulan” tentunya hal tersebut hampir mustahil terjadi dan cenderung menginginkan klik lebih banyak dari pembaca
  2. Melakukan cek kebenaran yang terjadi pada berita yang ada
  3. Mengecek kembali situs berita dari di internet
  4. Membandingkan foto hoax dengan foto foto lain di google image karena bisa jadi foto yang beredar merupakan foto yang sangat berbeda seperti tercantum di dalam berita