Ini Dia 4 Tips Membuat Jaringan Internet Stabil!

Memiliki jaringan internet stabil menjadi kebutuhan dalam bekerja, belajar, hingga hiburan. Apabila koneksi yang dimiliki stabil, maka segala aktivitas yang kalian lakukan di dunia digital akan menjadi lancar dan mudah.

 

Tips Agar Jaringan Internet Stabil

Bagi kalian pengguna internet pasti pernah mengeluhkan ketidakstabilan jaringan bukan? Hal ini sangat umum dirasakan oleh para pengguna karena beberapa faktor. Oleh karena itu kalian harus mengetahui apa saja faktor dan solusi yang harus kalian lakukan agar mendapat jaringan yang stabil.

Menggunakan Browser yang Efisien

Tips pertama yang bisa kalian ikuti sebagai pengguna internet agar jaringan internet kalian bisa menjadi stabil adalah dengan menggunakan browser yang efisien. Biasanya kalian pasti ada yang menggunakan banyak tab dalam sekali waktu bukan? Nah, apabila semakin banyak tab yang kalian buka, maka jaringan internet kalian akan menjadi lambat dan tidak stabil.

Hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan browser yang efisien dan menggunakan tab yang tidak berlebihan. Tutuplah tab yang sudah tidak kalian gunakan, karena akan dapat memberikan pengalaman berselancar internet yang lebih cepat.

Memblokir Iklan

Tips kedua adalah dengan memblokir iklan seperti video yang diputar secara otomatis, gambar, hingga GIF. Iklan-iklan jenis ini akan membuat koneksi internet kalian menjadi lambat dan satu-satunya solusi yang tepat adalah dengan memblokir iklan yang ada. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian bisa memberikan ekstensi tambahan ads blocker atau memasang plugin. Akan tetapi biasanya beberapa browser sudah memiliki fitur ini, jadi kalian bisa langsung menggunakannya.

Menyetel Ulang Router

Router wifi memiliki peran yang sangat penting dalam menjelajah internet di hp, laptop, komputer, atau tab. Apabila router digunakan secara terus menerus, maka akan dapat mempengaruhi kestabilan jaringan internet. Apabila jaringan internet kalian semakin hari semakin melambat, maka kalian bisa mengistirahatkan router dengan mematikannya dan menghidupkannya kembali.

Memasang Antivirus

Hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan memasang antivirus. Malware atau virus merupakan suatu hal yang berbahaya pada perangkat lunak. Malware atau virus ini biasanya bersembunyi di smartphone atau komputer kalian tanpa terdeteksi sehingga dampaknya akan membuat kecepatan internet menjadi lambat. Satu-satunya solusi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasinya adalah dengan menginstall antivirus.

Apabila antivirus sudah terinstall di smartphone atau komputer kalian, maka kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika sudah, maka jangan lupa mengatur jadwal pemindaian malware atau virus secara berkala. Kalian bisa mengaturnya perhari, per minggu, atau bahkan per bulan. Sesuaikanlah dengan kebutuhan kalian. Tujuan membuat jadwal ini adalah agar mempermudah kalian dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan otomatis.

 

Internet yang stabil merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh mereka para pekerja ataupun pelajar, oleh karena itu artikel ini akan sangat bermanfaat karena didalamnya menyajikan cara agar internet bisa menjadi stabil kembali.