Ini yang Harus Dilakukan pada Whatsapp Saat Smartphone Hilang

Bagi para pengguna aplikasi seperti Whatsapp (WA), kehilangan smartphone bisa menjadi masalah yang sangat besar. Hal ini dikarenakan dalam aplikasi Whatsapp tersimpan beberapa informasi penting tentang orang-orang yang nomornya ada di kontak WA. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

 

Tips Mengamankan WhatsApp

Anda tidak perlu panik saat perangkat hilang atau dicuri, Sebab, Anda masih bisa mengamankan pesan dan informasi yang ada di dalam aplikasi tersebut dengan cara-cara khusus jadi akun WA tersebut tidak akan disalahgunakan. Apa saja cara yang bisa digunakan? Berikut tipsnya.

1.    Blokir kartu SIM

Pertama tentu saja memblokir kartu SIM. Hal Ini bertujuan agar Anda tidak menjadi korban pembajakan akun WA. Ketika smartphone hilang maka Anda sebaiknya langsung menghubungi provider yang digunakan kemudian meminta perusahaan untuk memblokir nomor tersebut agar tidak bisa digunakan untuk verifikasi akun WA di perangkat yang hilang.

2.    Ganti dengan SIM card baru

Setelah memblokir kartu SIM lama selanjutnya sangat disarankan untuk membeli kartu SIM baru. Anda bisa menggunakan nomor yang berbeda atau minta ke pihak operator untuk membuat kartu SIM baru dengan nomor lama jika nomor tersebut sudah banyak dikenal orang-orang terdekat.

Perlu diketahui jika aplikasi WA cuma bisa diaktifkan menggunakan 1 nomor saja. Hal ini juga hanya berlaku untuk 1 perangkat saja sehingga ketika nomor Anda digunakan untuk memverifikasi akun WA tersebut maka akses nomor itu di perangkat lain akan terhenti secara otomatis.

3.    Mengirim email pemberitahuan ke Whatsapp

Anda perlu mengirimkan laporan ke pihak Whatsapp melalui email ke support@whatsapp.com dan memberitahu Jika smartphone sudah hilang atau dicuri. Jangan lupa untuk melampirkan nomor telepon yang digunakan akun WA tersebut dalam format internasional kemudian beri subjek tentang kehilangan atau pencurian perangkat sehingga butuh untuk segera menonaktifkan akun tersebut.

Tidak ada format khusus yang digunakan sehingga Anda bebas ingin menulis dengan cara seperti apa asalkan masih tetap sopan. Namun, Anda bisa melihat contoh email yang dimaksud di internet sebagai referensi menginap sudah banyak orang yang melakukannya.

Setelah mengirimkan notifikasi tersebut maka akun tersebut akan dinonaktifkan meskipun tidak sepenuhnya karena pengguna lain yang ada di kontak masih bisa melihat profil akun WA. Namun, jika tidak diaktifkan kembali maka akun tersebut akan dihapus secara permanen dalam waktu 30 hari,

Tidak hanya itu, akun Anda juga masih bisa menerima pesan dari pengguna yang terdaftar di kontak WA meskipun akan tertunda selama 30 hari. Jika akun diaktifkan kembali sebelum 30 hari maka pesan tersebut bisa langsung diterima meski sebelumnya tertunda.

4.    Rutin mencadangkan obrolan dan sebagainya

Sebenarnya cara ini lebih kepada pencegahan. Jika Anda rutin melakukan backup semua obrolan dan data penting lainnya maka ketika smartphone hilang maka informasi di akun WA tersebut akan bisa dipulihkan kembali. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan obrolan atau informasi penting.

Anda bisa menggunakan teknologi komputasi awan atau cloud yang lebih praktis dan efisien sebagai media penyimpanan. Dengan begitu, meski smartphone hilang tetapi kontak dan informasi lainnya masih bisa diakses menggunakan perangkat lain yang berbeda.

 

Berikut merupakan sedikit tips apa yang harus dilakukan dengan aplikasi Whatsapp ketika smartphone hilang atau dicuri. Meski belum banyak disadari tetapi penyalahgunaan nomor HP dan juga akun WA bisa berakibat fatal dan akan sangat merugikan Anda sebagai pemilik nomor.

 

Sumber : Good Business