Kerajinan Celengan dari Batok Kelapa Serta Berbagai Kerajinan dari Batok Kelapa Lainnya

Jika biasanya celengan terbuat dari plastik, tanah liat, besi ataupun bahan lainnya. Maka pada kali ini Anda dapat membuat celengan dengan memakai bahan batok kelapa yang ramah lingkungan dan mudah ditemukan.

Celengan dari batok kelapa ini pastinya akan menjadi sangat unik dan menarik. Celengan ini juga dapat dijual dan tentunya dapat menghasilkan nilai ekonomis. Tak hanya itu saja, celengan dari batok kelapa juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk teman, sahabat ataupun saudara.

Kerajinan Celengan dari Batok Kelapa

Bahan bahan dan alat:

Cara Membuat :

  1. Siapkan batok kelapa yang sepasang tapi yang sudah di bagi dua
  2. Bersihkan pada bagian dalam batok kelapa hingga bersih
  3. Jika pada bagian dalam sudah bersih, sekarang pada bagian luarnya bersihkan memakai kertas pasir. Lalu lakukan hal yang serupa seperti tadi pada batok kelapa yang satunya lagi.
  4. Pada bagian dalam yang telah bersih serta bagian luar juga sudah bersih. Lalu lem pada kedua bagian tersebut tapi jangan lupa buat sedikit lubang.
  5. Lalu cat batok tersebut. Diamkan sampai kering.
  6. Jika telah kering, tempelkan stiker bebas supaya celengan terlihat cantik serta menarik.

 

Berbagai Kerajinan Lain dari Batok Kelapa

1. Asbak dari Batok Kelapa

Asbak merupakan kebutuhan bagi perokok aktif dan tempat untuk membuang sisa rokok. Jika kita sering melihat asbak yang dibuat dari marmer maupun besi. Jadi kali ini unik sebab dibuat dari batok kelapa. Tak hanya itu, asbak berbahan batok kelapa juga dapat dipakai untuk menghias ruang tamu. Kerajinan asbak berbahan batok kelapa pasti akan menambah kesan klasik dan menawan.

2. Gantungan Kunci dari Batok Kelapa

Gantungan kunci dari tempurung kelapa sudah sangat umum di pasaran, terutama yang ada di tempat-tempat wisata. Sudah banyak yang menjual gantungan kunci dengan karakter, bentuk binatang dan bentuk lucu lainnya. Cocok juga sebagai hadiah untuk teman Anda, sebagai simbol persahabatan yang sederhana tetapi berkesan. Jika gantungan itu dibuat oleh Anda, itu bahkan lebih mengesankan.

3. Mangkok dari Batok Kelapa

Kerajinan dari batok kelapa berikutnya yang akan kita bahas yakni mangkok cantik dari batok kelapa. Zaman dahulu sebelum ditemukannya plastik, para masyarakat sering memakai kayu maupun batok kelapa untuk dijadikan sebagai alat makan mereka. Batok kelapa sendiri memiliki keunggulan lebih mudah dibuat ketimbang dengan kayu. Nah, sementara pada zaman sekarang mangkok yang dibuat dari batok kelapa masih dapat kita manfaatkan loh. Mengingat tampilan dari mangkok batok kelapa ini terlihat cantik dan menarik sekali.

4. Lampu Hias dari Batok Kelapa

Lampu hias merupakan salah satu barang yang umumnya ditaruh di dalam ruangan. Lampu ini akan menyesuaikan cahaya di dalam ruangan agar tidur menjadi lebih indah dan nyaman. Bila lampu hias umumnya terbuat dari benang atau bahan lain, maka Anda bisa memakai batok kelapa untuk membuat lampu hias.

Jenis lampu di atas yang terbuat dari batok kelapa memang tak kalah dengan lampu yang terbuat dari kerajinan bambu. Dengan memakai batok kelapa, Anda dapat membuat lampu hias yang cantik dan menarik.

5. Gelas dari Batok Kelapa

Yang terakhir kerajinan batok kelapa bisa juga diubah menjadi gelas. Gelas dari batok kelapa memang terlihat sangat unik dan mempunyai unsur tradisional. Selain itu, satu gelasnya saja dapat dijual dengan harga cukup yang mahal. Hal ini karena nilai estetika yang terdapat pada gelas ini.

 

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.