Resep Sambal Petis Gorengan yang Pedas dan Nikmat

Saat kumpul bersama memang cocok jika ngemil gorengan dan dicocol ke sambal petis. Resep sambal petis gorengan saat ini bisa dicoba buat di rumah masing masing.

Petis

Petis ini dibuat dari hasil usaha masyarakat rumahan, kualitas petis sangat beragam mulai dari yang terbaik sampai yang biasa. Kualitas terbaik dibuat dari bahan segar seperti daging sapi, udang, dan kupang. 

Sementara yang berkualitas bawah biasanya dibuat dari limbah sampingan industri pengolahan kerupuk udang, pembuatan dendeng atau abon , pembekuan udang dan air rebusan ikan pindang, sehingga harganya cukup terjangkau.

Petis kualitas super atau yang terbaik sangat cocok untuk masakan, sedangkan yang kualitas sedang sangat pas untuk cocolan ketika makan gorengan, misalnya dibuat untuk isian tahu petis. Petis bisa bertahan sekitar jangka 3 sampai 12 bulan di lemari pendingin, sebab kandungan gulanya tinggi.

Resep Sambal Petis Gorengan

Bahan-Bahan:

  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok makan kacang tanah goreng
  • garam1 sendok teh 
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok makan petis udang yang kualitasnya sedang
  • 1 sendok teh air jeruk limau
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 75 ml air

Cara membuat:

  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit sesuai selera, bawang putih, kacang tanah, garam, dan sedikit gula pasir di cobek yang telah disiapkan.
  2. Tambahkan petis sambil dihaluskan.
  3. Masukkan kecap manis dan air jeruk limau. lalu ulek sampai rata.
  4. Tuang air sedikit sedikit sambil diulek rata.

Resep Gorengan Tahu Balut Tepung Krispi

Bahan – bahan :

  • 250 gram tahu soka yang sudah diberi garam , potong kotak kecil-kecil atau tahu kotak namun yang kesat, rendam di bumbu bawang putih dan garam halus agak lama supaya gurih
  • 125 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 bungkus kecil bumbu kaldu rasa ayam
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Putih telur 1 butir

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, merica, bumbu kaldu dan baking powder, aduk sampai merata.
  2. Ambil tepung yang sudah diberi bumbu tadi, guling-gulingkan tahu yang sudah di potong kotak.
  3. Kocok putih telur menggunakan garpu, kemudian celupkan potongan tahu tadi yang sudah diberi tepung , selanjutnya gulingkan tahu lagi ke tepung berbumbu kering sambil dicubit-cubit. jika ingin lapisan tepungnya lebih tebal ulangi proses tadi 2 kali dalam mencelup di tepung dan putih telur. Namun anda harus menambah putih telurnya, tidak hanya satu. Goreng sampai kering dan kuning keemasan kulitnya.
  4. Kemudian tiriskan tahu, anda bisa meniriskan tahu menggunakan mesin peniris minyak
  5. sajikan tahu crispy selagi hangat bersama sambal petis.

Sajian Lain Berbumbu Petis

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah makanan khas yang berasal dari daerah Jawa Timur. Banyak orang sudah mengetahui bahwa dalam membuat rujak cingur memanfaatkan petis sebagai bumbu utamanya.

Selain itu rujak cingur sendiri adalah makanan tradisional yang unik dengan bahan utamanya adalah cingur yaitu mulut sapi. Rujak Cingur juga terdiri dari sayuran yang dikombinasikan dengan bumbu kacang lalu dicampur bumbu petis sehingga rasanya sangat lezat.

2. Lontong Kupang

Walaupun nama makanan ini ada penyebutan Kupang, tetapi kuliner ini ternyata asli dari Jawa Timur. Disini Kupang diartikan sebagai salah satu jenis kerang yang ukurannya sangat kecil mirip biji kedelai atau kurang lebih sebesar biji beras.

Lontong Kupang nantinya akan disajikan bersama irisan lontong dan kuah bumbu petis yang warnanya coklat bening dan jika ingin rasa asam yang segar kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian bisa ditambahkan sate kerang sebagai lauk dan jangan lupa lontong kupat 

3. Tahu Campur

Tahu Campur merupakan kuliner tradisional asli Jawa Timur. Tahu campur ialah salah satu dari sekian banyak kuliner khas Jawa Timur.  Makanan ini disajikan bersama bahan sayur mayur yang masih fresh seperti mie kuning, selada, taoge, tahu goreng dan perkedel singkong. Nantinya disiram menggunakan kuah kaldu yang berwarna coklat.

Bahkan tahu campur biasanya juga diberi tambahan kerupuk udang dan potongan daging. Dan hal utama juga harus ditambahkan bumbu petis dan sambal sebagai penyedap cita rasa.

Demikian pembahasan mengenai resep sambal petis untuk gorengan yang bisa kalian buat dirumah dan menambah nikmat gorengan anda.