Seluk Beluk Nyeri Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah masalah yang sangat sering dialami oleh semua orang. Setidaknya sekali seumur hidup seseorang pasti punya masalah ini mulai dari anak-anak dan remaja sampai dengan tua. Namun umumnya sakit pinggang mulai dirasakan cukup intens ketika usia telah menginjak 30 tahun keatas. Resiko yang lebih tinggi dialami oleh orang yang mengalami kelebihan berat badan, memiliki masalah berupa penyakit tertentu dan juga berat badan yang kurang ideal.

Gejala sakit pinggang biasanya dimulai dari perasaan sakit yang terasa ketika sedang membungkuk, berjalan, mengangkat beban, berjalan, berdiri dan berbaring. Biasanya sakit pinggang tidak berlangsung cukup lama dan cepat berangsur pulih hanya dalam beberapa minggu.

Seringkali sakit pinggang dapat sembuh dengan sendirinya namun anda harus waspada apabila sakit punggung tak reda selama lebih dari sebulan atau bahkan justru menjadi semakin memburuk meskipun tak melakukan aktivitas berat.

Jika hal tersebut terjadi mungkin itu menjadi gejala masalah serius apalagi disertai dengan kondisi berikut:

  • demam
  • tungkai terasa lemas
  • masalah saat buang air kecil dan besar
  • berat badan mengalami kenaikan atau penurunan yang cukup drastis

Untuk mengobati masalah sakit pinggang beberapa hal yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut.

 

Mengkompres pinggang dengan air dingin

Mengkompres pinggang dengan menggunakan air dingin dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit di pinggang. Pertama bungkuslah es dengan handuk kemudian kompres bagian yang terasa sakit. Lakukan hal ini selama 2 hingga 3 hari berturut-turut.

 

Mengkompres pinggang dengan air hangat

Selain menggunakan air dingin selama 2 hingga 3 hari selanjutnya anda dapat menggantinya dengan mengkompres menggunakan air hangat. Dengan menggunakan kompres air hangat maka akan dapat mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah dan juga dapat melemaskan otot yang tegang. Kompreslah selama 20 hingga 30 menit setiap 2 atau 3 jam sekali.

 

Meminum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri dapat meredakan nyeri di pinggang dengan cukup cepat dan dijual bebas. Selain itu, obat seperti paracetamol dapat digunakan.