Tips Membuat Video Iklan yang Memikat Perhatian

Pada era digital saat ini yang penuh dengan video konten, menarik perhatian pelanggan menjadi semakin sulit. Video iklan menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjangkau audiens dan menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan mudah diingat. 

Namun, tidak semua video iklan menarik perhatian dan mencapai tujuannya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan beberapa tips untuk membuat video iklan yang memikat perhatian.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat video iklan yang memikat perhatian yang bisa kamu jadikan referensi.

 

1. Cerita yang Menarik 

Sebuah video iklan yang menarik adalah video iklan yang mampu menceritakan sebuah kisah yang menarik dan relatable bagi audiens. Cerita ini dapat beruba kisah inspiratif, lucu, atau menyentuh hati. 

Bagian terpenting dari cerita tersebut adalah dapat membawa audiens merasa terhubung dengan produk atau layanan yang ditawarkan. 

2. Visual yang Menawan 

 Video iklan dengan visual yang menawan dan berkualitas tinggi adalah kunci untuk menarik perhatian audiens di detik-detik awal video. 

Kamu bisa menggunakan gambar atau video yang indah, serta efek visual yang kreatif untuk membuat video iklan yang memukau. 

3. Pesan yang Jelas 

Pastikan pesan yang ingin disampaikan dalam video iklan Anda jelas dan mudah dimengerti oleh audiens. Hindari penggunaan jargon atau bahasa yang terlalu rumit, lebih baik gunakan kalimat yang singkat, padat, dan mudah diingat. 

4. Musik yang Tepat 

Penggunaan musik yang tepat dapat membantu membangun suasana hati dan emosi yang ingin kamu tampilkan dalam video iklan. Pilihlah musik yang sesuai dengan target audiens kamu sekaligus dapat meningkatkan daya tarik video iklan yang dibuat. 

5. Call to Action

 

Berikan arahan yang jelas kepada audiens kamu tentang apa yang ingin mereka lakukan setelah menonton video iklan kamu.

Apakah kamu ingin mereka mengunjungi website yang kamu buat? atau Ingin membeli produk yang kamu jual? atau mungkin juga mengikuti media sosial kamu? 

Jangan lupa untuk memastikan bahwa call to action yang kamu berikan tersebut jelas dan mudah dilakukan oleh target audiens kamu. 

6. Durasi yang Tepat

bagian durasi video iklan yang ideal adalah antara 30 detik hingga 2 menit. Durasi yang terlalu panjang juga bisa membuat audiens kamu bosan, sedangkan durasi yang terlalu pendek juga bisa saja tidak cukup untuk menyampaikan pesan dengan jelas. 

7. Target Audiens yang Tepat

Sebelum membuat video iklan, penting untuk mengetahui target audiens kamu. Siapa yang ingin kamu jangkau dengan video ini? Apa yang mereka sukai? Apa yang mereka butuhkan? 

Dengan memahami target audiens, kamu dapat membuat video iklan yang lebih relevan dan menarik bagi mereka karena sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka sukai. 

8. Platform yang Tepat

Pilihlah platform yang tepat untuk menayangkan video iklan kamu. Apakah kamu ingin menayangkan di YouTube, facebook, Instagram, Tiktok, atau platform lainya? Setiap platform pasti juga memiliki audiens dan karakteristiknya sendiri. 

Pastikan bahwa kamu memilih platform yang paling sesuai dengan target audiens kamu agar apa yang kamu sampaikan dari video iklan dapat sesuai dengan usia ataupun gaya hidup mereka. 

9. Analisis dan Pengukuran 

Setelah video iklan kamu ditayangkan, penting untuk menganalisis dan mengukur performanya. Lihatlah berapa banyak orang yang menonton video kamu? Berapa lama mereka memintanya? Apakah mereka melakukan tindakan yang kamu inginkan?

Dengan menganalisis data ini, kamu dapat meningkatkan performa video iklan kamu di masa depan. 

Untuk membuat video iklan yang memikat perhatian memang membutuhkan beberapa langkah, oleh karena itu banyak orang memilih untuk menggunakan jasa video untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Contoh Video yang Menarik

video iklan yang memikat perhatian

Ada beberapa contoh video iklan yang memikat perhatian dan bisa kamu jadikan referensi untuk membuat video iklan. 

  • Iklan "Godaan Shopee". Iklan ini menggunakan humor dan musik yang catchy untuk menarik perhatian audiens. Iklan ini juga menampilkan influencer yang populer di kalangan anak muda. 
  • Iklan "JD.ID#DijaminOri". Iklan ini menggunakan storytelling yang menarik untuk menunjukkan manfaat berbelanja di JD.ID. Iklan ini juga menampilkan testimoni dari pelanggan yang puas. 
  • Iklan "Ramadan 2019 – Ramayana" Iklan ini menggunakan tema ramadhan yang menyentuh hati untuk menarik perhatian audiens. Iklan ini juga menggunakan animasi yang indah untuk membuat video yang lebih menarik. 

Video iklan yang memikat perhatian dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan penjualan. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat membuat video iklan yang menarik dan mencapai tujuan kamu. 

Kamu juga bisa menggunakan jalan pintas yaitu memakai jasa video profesional, untuk hasil video iklan yang dapat memikat perhatian audiens kamu.