Tips Menjaga Suara Agar Tidak Mudah Serak

Suara bagi seseorang tak ubahnya seperti pintu komunikasi. Suara diproduksi oleh pita suara, dan rupanya tak banyak orang memperhatikan kesehatan pita suara mereka. Kecuali bila mereka berprofesi dengan suaranya seperti penyanyi atau penyiar.

Padahal merawat suara tidak sulit sama sekali. Beberapa tips menjaga suara berikut ini bisa sangat membantu. Anda akan terhindar dari gangguan pada fungsi pita suara dan lebih fatal lagi kerusakan pita suara. Suara Anda tetap terdengar baik dan komunikasi Anda lancar.

 

Apa Saja Tips Menjaga Suara?

Untuk membantu Anda menjaga kualitas suara Anda, menghindari kondisi gangguan yang memicu suara menjadi serak, berat dan hilang. Berikut ini tips menjaga suara untuk Anda.

Banyak minum air

Cara paling mudah dan sederhana untuk merawat kesehatan pita suara adalah dengan memastikan Anda minum dengan cukup. Air akan melumasi pita suara dan menjaganya tetap lembab. Pita suara yang lembab akan meregang, bergetar dan mengendur dengan optimal. Sehingga resiko iritasi pada pita suara bisa dihindari.

Tidak merokok

Merokok sebenarnya menyebabkan pita suara terus menerus terpapar asap rokok. Asap rokok sendiri bersifat mengoksidasi dan mengandung banyak toksin yang dapat merusak jaringan dari pita suara. Ini membuat pita suara menjadi tidak fleksibel dan mudah mengalami cedera.

Bicara dalam volume normal

Upayakan untuk tidak banyak berteriak teriak, karena ketika kita berteriak pita suara meregang dan ini menyebabkan pita suara rentan mengalami iritasi. Bilapun harus bicara dengan suara kencang, upayakan menggunakan nafas perut untuk membantu meredam efek sampingnya.

Luangkan istirahatkan suara

Beberapa orang berprofesi dengan mengandalkan suaranya. Seperti penyanyi, penyiar atau bahkan penceramah dan guru. Pada profesi ini, sulit untuk tidak berbicara banyak dalam satu waktu. Namun sebenarnya Anda bisa mengurangi bicara di waktu jeda. Ini mengistirahatkan pita suara dan mengurangi ketegangan pada pita suara.

Kurangi mengkonsumsi gorengan dan keripik

Sejumlah jenis makanan, utamanya yang penyajiannya harus digoreng terlebih dulu juga perlu Anda perhatikan. Anda boleh memakannya hanya dengan jumlah terbatas dan tidak berlebihan. Karena makanan jenis ini dapat menyebabkan efek iritasi pada pita suara dan memicu suara serak.

Lakukan pemanasan

Ini juga acapkali diabaikan oleh mereka yang berprofesi dengan suara mereka. Sebelum mulai mengeluarkan suara dengan kencang utamanya dalam waktu panjang, ada baiknya lakukan sedikit pemanasan. Mulai dengan pengambilan nafas yang tepat, relaksasi saat bicara dan lain sebagainya. Ini juga efektif meredam efek samping dari bicara

Kendalikan asam lambung Anda

Ini juga sering tidak dipahami banyak orang. Bahwa kualitas suara dapat dikaitkan langsung dengan kondisi kesehatan lambung. Ini terjadi ketika asam lambung naik, maka asam lambung bisa naik hingga di atas esofagus dan mungkin Anda mengalami efek nyeri pada tenggorokan karena paparan asam lambung mengiritasi tenggorokan, termasuk pita suara Anda.

Hindari makanan manis berlebihan

Makanan atau minuman manis sebenarnya tidak begitu baik untuk pita suara. Ini dapat mengiritasi pita suara Anda dan mendorong produksi lendir berlebihan bila Anda konsumsi berlebihan. Utamanya pada jenis makanan tergolong permen, sirup dan manisan.

Jangan merokok dan minum alkohol

Keduanya memberi efek oksidasi yang sangat kuat pada dinding tenggorokan dan pita suara. Banyak dari perokok dan alkohol yang menunjukan gejala suara yang berat sebenarnya karena mulai rusaknya pita suara akibat paparan toksin dalam rokok dan alkohol. Keduanya bahkan dapat meningkatkan resiko kanker pita suara.

 

Itulah sedikit gambaran soal bagaimana tips menjaga suara Anda tetap jernih dan bersih. Cara ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari keluhan serak atau hilang suara. Apakah Anda tertarik mengetahui lebih jauh soal cara merawat kualitas suara?