Tips untuk Menjalani Dual Degree

Mendapatkan satu gelar di universitas sudah bisa dikatakan merupakan pencapaian yang sulit dilakukan. Bayangkan beban pendidikan itu meningkat dua kali lipat menjadi tugas yang hampir mustahil dilakukan, tetapi seperti itulah saat seseorang memutuskan untuk meraih gelar ganda dalam satu waktu.

Keputusan ini bisa menjadi hal yang menakutkan dan pasti lebih banyak melibatkan banyak pekerjaan daripada kuliah dengan satu gelar pada umumnya. Jika Anda merasa belum terlalu yakin dengan rencana double degree, berikut beberapa tips yang dapat membantu mempersiapkan diri Anda untuk meraih gelar ganda.

Profesional Dengan Masing-Masing Gelar

Memutuskan menjalani gelar ganda berarti Anda harus sadar jika memang dua gelar tersebut selalu berjalan beriringan mengikuti isi kepala Anda. Sangat mungkin saat ujian Anda menjadi tidak fokus bahkan pikiran menjadi kacau. Jadi cara yang terbaik adalah memastikan di dalam pikiran Anda bahwa keduanya tetap berbeda satu sama lain.

Langkah harian yang bisa Anda ambil adalah dengan mengerjakan dari salah satu gelar Anda secara bergantian. Dengan cara ini Anda akan tetap bisa fokus mempelajari konsep pada masing-masing bidang dan lebih mudah untuk mempersiapkan ujian nantinya.

Buat Jadwal

Ketika kegiatan perkuliahan dimulai, segera pelajari materi perkuliahaan dan buku bacaan yang diperlukan. Kemudian buatlah jadwal belajar dan jadwal ujian. Anda harus sangat terorganisir agar tetap konsisten dengan program gelar ganda yang Anda jalani.

Jika Anda berencana mengambil dual degree bidang informatika, Universitas Surabaya memiliki program dual degree Teknik Informatika di Fakultas Teknik. UBAYA bekerjasama dengan Queensland University of Technology (QUT) Australia untuk dual degree teknik informatika ini.

Tetapkan Prioritas

Anda harus tegas untuk menetapkan prioritas yang hadir dalam hidup Anda, bahkan perlu mengorbankan salah satu dari dua hal penting di hidup Anda. Jika pasangan atau teman Anda mengundang ke acara pesta dan pada saat yang bersamaan ada deadline tugas perkuliahan, maka berikan mereka penjelasan tentang kegiatan Anda dan mereka akan mengerti akan hal tersebut.

Pilih Gelar yang Anda Sukai

Mungkin ini menjadi hal yang terkesan kasar karena Anda harus memilih salah satu gelar dari dua pilihan yang telah Anda jalani. Namun pada akhirnya Anda akan memahami apa yang lebih Anda sukai dari keduanya dan lebih menikmati untuk mempelajari salah satu gelar daripada gelar yang satunya.

Sadari bahwa manusia tidak mungkin bisa berlaku adil bahkan saat Anda memilih dua gelar sekaligus. Secara alami, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga pada mata kuliah yang lebih Anda sukai. Siapa tahu satu gelar tersebut yang nantinya akan membawa Anda ke dunia kerja yang lebih baik.

Jangan mengesampingkan gelar Anda yang lain. Tetap pastikan Anda berusaha tetapi jika Anda telah menerima kenyataan bahwa gelar kedua yang Anda pilih tidak semenyenangkan gelar yang pertama, jangan terlalu khawatir. Pastikan Anda melakukan cukup banyak usaha untuk tetap lulus dan mendapatkan gelar.

Evaluasi Kinerja Anda

Setelah ujian semester selesai, hasilnya dirilis dan Anda harus bersiap untuk semester selanjutnya dengan tantangan yang lebih berat. Sebelum itu, Anda perlu rileks dan menghela sedikit napas, evaluasi apakah Anda menikmati yang Anda lakukan.

Jika memang program gelar ganda ini membuat Anda lebih stress dan merasa bahwa tidak tertarik lagi, lebih baik lepaskan. Tidak perlu malu untuk melepaskan apa yang menyebabkan Anda sengsara dan fokus pada bidang yang lebih Anda cintai.

Tidak ada yang bilang melakukan program gelar ganda atau double degree itu mudah. Pastikan kesehatan mental Anda menjadi prioritas. Jika sudah yakin, lakukan pendaftaran kuliah secara online di GoKampus dan dapatkan cashback untuk pendaftaran kuliah Anda.