Ukuran Feed Instagram yang Ideal

Bagi anda yang sering mengupload foto dan video di Instagram maka pastinya anda ingin hasilnya rapi dan kece kan? Nah, kalo gitu anda harus tau apa aja ukuran feed instagram yang ideal.

Kayak yang anda mungkin sudah tau bahwa Instagram adalah jejaring sosial yang paling populer tahun 2021 ini. Kini IG nggak cuma sebagai tempat sharing foto tapi juga tempat berbagi konten video dan lainnya.

Sejak tahun 2015 Instagram udah memperbarui ukuran foto yang bisa diupload di aplikasinya jadi 1080 x 1080 piksel. Dengan layar sebesar ini maka nantinya bisa mengakomodir perangkat yang membuka aplikasi Instagram.

Instagram menyediakan beragam ukuran yang bisa dipilih yaitu landscape, portrait, dan square. Kalo anda mau foto yang nggak kepotong maka anda harus pake yang landscape dan portrait.

Supaya foto yang anda upload nggak kepotong maka anda perlu menguploadnya dalam ukuran dan resolusi 1080 x 1080 piksel.

1. Ukuran foto feed Instagram yang ideal

Ukuran instagram feed yang ideal yakni 1080 x 1080 pixel. Ukuran ini cukup besar dan juga resolusinya sangat baik. Sebenarnya ukuran ini cukup besar dengan alasan untuk mengakomodasi ukuran layar setiap gadget baik itu tablet, laptop dan lainnya. Dengan resolusi yang tinggi tersebut rasio layar tetap pada ukuran 1 : 1 berbentuk persegi.

Ukuran persegi adalah ukuran pertama kali yang diluncurkan oleh instagram. Ini adalah ukuran ideal yang muncul di feed instagram. Ukuran paling rendahnya adalah 320 piksel artinya jika anda mengupload dibawah 320 piksel maka nantinya Instagram akan menaikan resolusinya menjadi 320 piksel sehingga gambar yang dihasilkan menjadi pecah.

 

2. Ukuran video feed Instagram yang ideal

Sama halnya dengan foto, video pun pastinya punya ukuran layar yang nyaman untuk dilihat. anda harus memperhatikan ukuran video yang dibuat agar nantinya tidak terpotong. Ukuran terbaru yang disediakan oleh instagram adalah 1080 x 608 piksel dengan rasio 1 : 91 : 1. Ini ukuran cukup ideal.