penyebab kanker usus

Waspadai 5 Makanan Penyebab Kanker Usus

Memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh kita adalah salah satu tindakan yang memberi efek besar. Sebab tentu makanan tersebut akan memberi pengaruh terhadap kesehatan kita selama ini. Jika tidak diperhatikan dengan benar maka bisa jadi penyakit serius akan menyerang sistem imun kita. Misalnya kanker usus. Sudah tidak bisa menutup mata lagi dengan kanker usus ini karena bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Gejala kanker usus bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang juga tidak diperhatikan. Maka dari itu saatnya sekarang untuk mengenali apa saja makanan penyebab kanker usus. Misalnya saja seperti kandungan di dalamnya serta bagaimana kita mengkonsumsi makanan tersebut. Agar terhindar dari ciri-ciri kanker usus, berikut ini makanan yang bisa kita atur dalam mengkonsumsinya.

penyebab kanker usus

Makanan Pemicu Munculnya Gejala Kanker Usus

1. Minuman Bersoda

Makanan penyebab kanker usus yang pertama adalah minuman bersoda. Minuman ini memang menyegarkan tetapi kandungan yang ada di dalamnya sungguh tidak menyehatkan. Ada penggunaan zat perasa dan pemanis yang ada di dalamnya. Pengonsumsian jangka panjang bisa mengasamkan tubuh kita dan memicu adanya kanker usus.

2. Saus Tomat Botol

Waspadalah terhadap saus tomat yang ada dalam kemasan botol karena ada kandungan bisphenol-A yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Jika sudah menumpuk dalam tubuh maka hal ini akan memicu munculnya gejala kanker usus. Maka tidak ada salahnya untuk membatasi penggunaan saus tomat botol.

3. Daging Olahan

Jika selama ini kita memang terbantu dengan adanya produk olahan dan siap saji, maka sebaiknya tidak selalu mengkonsumsinya. Sebab, daging olahan adalah satu dari sekian banyak makanan penyebab kanker usus. Tubuh memang membutuhkan daging merah untuk asupan kalori, protein dan juga zat besi. Tetapi tetaplah harus dibatasi. Misalnya seperti nugget, sosis, daging burger hingga hot dog.

4. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang dipanggang adalah alasan terbesar mengapa ciri-ciri kanker usus bisa muncul. Jika diolah melalui proses pemanggangan dengan arang maka ada zatnya yang menempel di makanan tersebut. Apabila masuk dalam tubuh tentu akan membangunkan sel-sel jahat termasuk sel kanker usus.

5. Keripik Kentang

Meskipun lezat, tetapi keripik kentang tidak selalu baik jika dikonsumsi dengan jangka panjang. Hindari mengkonsumsi makanan ini agar tidak memberi dampak buruk atau munculnya gejala kanker usus. Suhu yang panas ketika dalam penggorengan bisa mengaktifkan zat karsinogenik yang memicu kanker usus.

Dengan mewaspadai makanan penyebab kanker usus ini, maka kita bisa juga terbebas dari gejala kanker usus. Karena mencegah lebih baik dari mengobati, tidak ada salahnya untuk mengatur batas konsumsi makanan tersebut. Ayo hidup sehat dan terbebas dari kanker usus !

Sumber: https://www.deherba.com/