Yuk Ketahui Tentang Berbagai Macam Jenis Routing

Pada saat ini hampir semua orang mempunyai perangkat yang bisa terhubung dengan menggunakan jaringan internet. Hal ini tentu saja menunjukan bahwa pada saat ini jaringan internet memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar kegiatan manusia pada saat ini membutuhkan jaringan internet, misalnya seperti belajar, bekerja, berbelanja, dan lain sebagainya.

Meskipun ada banyak orang yang menggunakan jaringan internet, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana suatu perangkat bisa terhubung ke jaringan internet.

Ya, dalam hal ini kamu membutuhkan sebuah perangkat keras yang disebut dengan router. Di dalam perangkat keras ini terdapat suatu proses yang disebut dengan routing.

Perlu kamu tahu bahwa routing adalah suatu proses untuk melakukan perpindahan paket dari dari sumber data ke tempat tujuan atau perangkat tujuan.

Dalam hal ini proses routing dibedakan menjadi beberapa macam. Nah, untuk lebih lengkapnya kita akan membahasnya di dalam artikel ini. Yuk simak pembahasannya.

Jenis Routing

Jika kita lihat berdasarkan pada pengiriman paket data, maka jenis routing ini kita bisa kelompokkan menjadi 2 macam yaitu direct routing dan juga indirect routing.

Direct routing merupakan suatu alamat secara langsung yang menuju ke address tujuan tanpa harus melalui host lainnya. Sedangkan, indirect routing adalah suatu alamat terlebih dahulu harus melewati alamat host terlebih dahulu sebelum menuju ke tempat tujuannya.

Jika kita lihat berdasarkan pada konfigurasinya, maka proses routing ini dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu minimum routing, routing statis, dan juga routing dinamis.

Minimum routing adalah suatu proses routing yang bisa dibilang sangat sederhana dan bahkan paling sederhana jika dibandingkan dengan yang lain. Jenis routing ini hanya mempunyai cakupan lokal saja.

Routing statis adalah proses routing yang dilakukan secara manual oleh seorang yang disebut dengan administrator atau operator jaringan. Kemudian routing dinamis adalah suatu proses routing yang dilakukan secara otomatis oleh perangkat router dan biasanya bisa membuat tabel routing secara otomatis.

Apabila kamu ingin mengetahui informasi yang lebih banyak lagi tentang router, maka kamu bisa mengunjungi website routerku.com yang membahas secara lengkap tentang router.

Informasi Tambahan

Pada dasarnya proses routing ini merupakan sebuah proses pengiriman data atau informasi yang dilakukan dengan melewatkan paket data yang dikirimkan dari suatu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Dalam hal ini router dinamis juga merupakan suatu router yang melakukan proses routing secara otomatis tanpa harus dilakukan secara manual oleh seorang administrator. Ini tentu saja tidak sama seperti router statis.