keripik tempe

Ide Usaha Keripik Tempe Rumahan

Ide usaha keripik tempe dapat kamu mulai dari sekarang, dengan modal yang kecil pun kamu dapat memulainya. Ingat bahwa usaha tidak akan menghianati hasil, maka berusahalah selagi kamu mempunyai tekad. Usaha keripik tempe bukanlah hal yang remeh, banyak sekali usaha keripik tempe yang sekarang berkembang dan besar di pasaran.

Mengingat keripik tempe juga merupakan salah satu dari sekian banyak makanan ringan yang banyak penikmatnya, maka tidak heran jika usaha keripik tempe dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Berikut ini akan sama sama kita bahas seputar ide usaha keripik tempe. Silahkan disimak!

 

Keripik Tempe

keripik tempe

Sesuai dengan namanya, keripik tempe terbuat dari tempe yang telah diiris tipis dan kemudian melewati tahap penggorengan dengan menggunakan tepung yang dibumbui. Rasa dari kerupuk tempe ini umumnya asin dan memiliki aroma bawang yang gurih.

 

Cara Memulai Ide Usaha Keripik Tempe

Dibawah ini akan termuat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuka usaha keripik tempe.

1. Tentukan Skala Usaha

Pada setiap usaha, Langkah awal yang dilakukan tentu menentukan seberapa besar usaha yang akan dijalani. Hal ini akan sangat penting karena skala usaha lah yang akan menentukan Langkah selanjutnya pada usaha keripik tempe yang kamu jalani.

Jika kamu sudah menentukan skala usaha, untuk kedepannya tentu kamu akan menemukan kemudahan. Lakukanlah pula persiapan dan perhitungan modal.

2. Buat Kemasan yang Menarik

Kemasan yang kamu tawarkan nantinya akan menjadi icon dari keripik tempe yang kamu jual. Maka dari itu kamu harus membuat kemasan yang menarik. Kemasan juga dapat memberi pengaruh untuk kualitas dari isi yang ada didalamnya, karena nantinya kemasan juga dapat menentukan keawetan dari keripik tempe yang kamu tawarkan.

Pada proses mengemasnya, kamu dapat menggunakan bantuan hand sealer. Dengan begitu keripik tempe mu akan aman dari udara luar.

3. Pastikan Kualitas Keripik Tempe

Kualitas keripik tempe yang kamu punya akan membawa kamu ke pasar yang lebih luas, karena nantinya kualitas dari keripik tempe juga akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal ini dapat dimulai dari memilih bahan baku sampai cara produksi yang digunakan.

Kualitas keripik tempe dapat dilihat dari bagaimana tingkat kerenyahannya, untuk membuatnya lebih renyah kamu dapat menggunakan spinner minyak saat proses penggorengan.

4. Proses Pemasaran

Kamu dapat melakukan proses pemasaran dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan target pasar yang sudah kamu tentukan jika kamu juga mengikuti dengan baik beberapa cara diatas. Karena dengan begitu kamu akan dapat meningkatkan permintaan produk.

 

Cara Membuat Keripik Tempe

cara membuat keripik tempe

Setelah tadi kita membahas mengenai cara memulai usahanya, sekarang kita akan membahas mengenai cara membuat keripik tempe rumahan yang dapat kalian ikuti.

Bahan :

  • Tempe kedelai
  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka atau bisa juga dengan tepung kanji
  • 1 butir telur ayam

Bumbu Halus :

  • 10 gram ketumbar
  • 50 gram kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • ¼ sendok teh kunyit bubuk
  • Daun jeruk
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pertama tama kamu harus mencuci bersih tempe kedelai, jika sudah kamu dapat mengirisnya dengan tipis dengan ketebalan 0,5 – 1 mm.
  2. Kemudian haluskan bumbu halus
  3. Selanjutnya kamu dapat membuat adonan keripik tempe dengan mencampurkan tepung beras dan tepung tapioka dengan telur ayam, dan juga bumbu halus yang sudah dihaluskan.
  4. Aduk adonan sampai rata dengan menuangkan air secara bertahap, jika sudah kemudian sisihkan.
  5. Selanjutnya kamu dapat mencelupkan tempe yang tadi sudah diiris tipis kedalam adonan secara merata, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan sampai tempe habis.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  7. Jika dirasa sudah cukup panas, goreng tempe yang sudah dicelupkan kedalam adonan tadi sampai kering.
  8. Setelah kering atau sudah berwarna kuning kecoklatan angkat dan tiriskan. Kemudian jika minyak sudah tiris kamu dapat mendinginkannya.
  9. Jika tempe sudah dingin, maka proses pembuatan keripik tempe telah selesai. Dan keripik tempe dapat dinikmati maupun dipasarkan.

 

Penutup

Ide usaha keripik tempe bukanlah hal yang buruk, melainkan dengan adanya ide tersebut kamu dapat meningkatkannya dengan melakukan inovasi pada keripik tempe yang akan kamu pasarkan. Wujudkanlah ide yang kamu punya hingga berkembang menjadi sebuah usaha ternama. Sekian ide usaha keripik tempe rumahan, semoga dapat bermanfaat dan selamat berusaha ya!