Kredit Rumah Tanpa DP, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Saat ini, untuk mendapatkan rumah yang nyaman paling murah dibanderol ratusan juta rupiah. Salah satunya perumahan di Depok yang menawarkan harga tinggi, namun Anda tetap bisa membeli rumah tersebut dengan cara kredit melalui KPR.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah kian diminati oleh banyak orang. Kini masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli rumah dengan program kredit rumah tanpa DP.

Namun sebelum mengikuti program tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa pertimbangan berikut ini.

Kelebihan Kredit Rumah Tanpa DP

  • Akses Mudah untuk Memiliki Rumah dengan KPR

Kebijakan tanpa DP mampu menarik perhatian masyarakat untuk membeli rumah, program tanpa DP juga sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat.

Karena mendapatkan kredit rumah tanpa DP, Pembeli bisa memfokuskan untuk mengumpulkan cicilan dengan tenor yang beragam. Hitungan tenornya mulai dari 5, 10,15,20 hingga 25 tahun.

  • Bisa Kredit Semua Tipe Rumah

Semua tipe rumah bisa dibeli dengan kredit tanpa DP mulai dari rumah tapak, rusun, ruko hingga rukan.

Sayangnya program menarik ini hanya diperuntukkan kredit properti pertama, sementara untuk kredit selanjutnya diberlakukan aturan pembayaran DP.

Kekurangan Kredit Rumah Tanpa DP

  • Cicilan Lebih Tinggi

Jika berniat membeli perumahan Di Depok Tanpa DP sebaiknya pertimbangkan cicilan yang akan dibayarkan nantinya. Nilai utang yang tinggi otomatis cicilannya pun semakin panjang dan berat.

Pertimbangkan kesiapan Anda untuk cicilan yang lebih tinggi ini untuk setiap bulannya.

  • Kenaikan Tingkat Bunga KPR Tinggi

Kenaikan ini terjadi di tahun berikutnya, apalagi kredit rumah tanpa DP menggunakan fixed rate dari pihak bank-nya. Itu artinya bunga tetap hanya di tahun pertama, tahun-tahun selanjutnya akan dikenakan bunga floating rate (bunga mengambang).

Dengan demikian, potensi beban cicilannya semakin berat sehingga harus mempertimbangkan secara seksama.

Pertanyaannya, jika tetap ingin memilih kredit tanpa DP, Apa yang harus dilakukan?

Tentu saja membuat perhitungan dengan matang, jangan diburu nafsu memiliki rumah hanya karena DP nol persen. Hitung secara matang karena program ini menuntut tanggung jawab Anda selama bertahun-tahun.

 

Memilih kredit rumah tanpa DP untuk perumahan di Depok atau tidak memilihnya, keputusan ada di tangan Anda.